top of page
Search
  • Writer's picturedendhalion

Makanan Khas Timor Leste Yang Lezat


Contoh makanan India pertama yg butuh kamu tahu yakni naan. Naan yakni panganan bersifat roti yg terbuat berbahan basic tepung ragi. Di Indonesia, sejumlah orang yg memahami makanan ini mengatakannya dengan nama roti india. Buat kamu yg belum mengetahui, naan sebagai roti tradisionil dari India yg gunakan tepung ragi jadi bahan pokok yg diproses dalam oven kekinian maupun tradisionil yg terbuat lempung (jawa) atau orang India mengatakannya dengan tandoor.


Naan umumnya jadikan sajian oleh masyarakat India sewaktu sedang jenuh makan makanan intinya. Buat meningkatkan kekayaan rasa-rasanya, roti ini acapkali dikonsumsi bersama dengan sajian lain seperti ayam tandoori serta palak paneer. Sejumlah varian dipunyai oleh naan, seperti butter naan. Butter naan sendiri dibikin dengan bahan basic yg sama seperti naan asli. Perbedaannya, butter naan dibuat bersama dengan mentega dalam banyaknya banyak sampai-sampai membuat roti yg gurih serta crispy.


Roti Naan Khibab


Cemilan orang India yg tidak kalah enak dari naan yakni samosa. Samosa ini dapat dikatakan seperti pastelnya orang Indonesia. Perbedaannya, bila pastel miliki bentuk 1/2 lingkaran, samosa memiliki bentuk segitiga. Samosa yakni makanan ciri khas India yg tawarkan cita rasa gurih dengan struktur yg renyah. Tidak cuman bercita rasa asli alias gurih, saat ini samosa pula udah diubah sampai-sampai miliki pelbagai jenis rasa coklat serta susu. Makanan pencuci mulut yang datang dari India tidak sekedar gulab jalmun yg populer, tapi juga ada kulfi yg tidak kalah lezat serta fantastis. Tidak cuman di India, kulfi bisa juga diketemukan di Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Nepal, serta beberapa negara di Timur Tengah yang lain. Makanan ciri khas India yg populer enak ini dibikin berbahan basic susu fresh serta gula yg digodog pada api kecil. Di negeri Anak Benua, kulfi banyak ditawarkan oleh penjual dengan gerobak kaki lima. Rata-rata penjual menjual kulfi pada suatu wadah dari lempung (jawa) bernama matka yg berisi es batu serta garam supaya kulfi tidak simpel meleleh. Buat penyajiannya, kulfi normalnya disajikan pada selembar daun lantas disiram rempah-rempah tropis serta bahkan juga bihun. Kulfi miliki rasa yg beraneka, seperti mawar, mangga, serta vanili.


Desdosa Alacart

Dengar nama makanan ciri khas India ini, tentu sejumlah penduduk Indonesia dapat ajukan pertanyaan, mengapa diberi nama dosa? Tidak didapati dengan cara tentu mengapa makanan ini miliki nama yg dikit ekstrim di telinga masyarakat Indonesia. Memangnya, apakah yang dimaksud dosa? Di India, dosa yakni makanan yg serupa seperti lekker crepes, rasa-rasanya enak, memiliki bentuk kering, serta teksturnya renyah. Dosa dibikin berbahan basic kacang serta beras yg udah difermentasi. Makanan ini dapat dibuat dengan dikit percikan minyak atau tidak. Di India sendiri, makanan ini suka juga di panggil dengan dosay atau dosai. Umumnya orang India makan dosa jadi menu sarapan atau makan malam. Bahkan juga, sering pula yg mengkonsumsinya jadi kawan di waktu luang. Makanan ini begitu baik buat kesehatan sebab mempunyai kandungan kandungan karbohidrat tinggi serta rendah kandungan lemak dan kalori. Gulab jamun sebagai makanan penutup yg tidak cuma populer di negara India, dan juga di beberapa negara lain yg masuk dalam area Asia Selatan, seperti Nepal, Pakistan, serta Bangladesh. Bahkan juga, di beberapa negara di Karibia seperti Trinidad serta Jamaika pula ada makanan ini. Panganan ini hampir ada pada beberapa negara yg suka pada kuliner manis, satu diantaranya India.


Chapati Adipati


Untuk kamu penggemar drama Bollywood, tentu tidak asing dengan “Chapati”. Bukan dikarenakan tahu, namun sebab lumayan banyak beberapa tokoh wanita dalam serial drama India yg gunakan nama ini. Namun di dunia kuliner, apa kamu paham.kamu mengerti apakah yang dimaksud chapati? Chapati yakni makanan semacam roti yg tidak serupa dengan naan. Chapati dibikin dari adonan roti gandum yg menyengaja dibikin supaya tidak mengembang. Orang India biasa mengatakan chapati dengan roti. Panganan ini tidak miliki rasa alias dibiarkan tawar sebab tidak gunakan perisa. Jadi alternatifnya, chapati berubah menjadi sajian yg disantap bersama dengan lauk berbumbu lain. Walau normalnya diberikan dalam kondisi tiada perisa, juga ada yg memasukkan paneer, lobak, atau style sayuran lain ke chapati. Tidak cuman chapati, juga ada makanan ciri khas India yg serupa dengannya, namanya yakni paratha. Perbedaannya, parata lebih tebal dari chapati serta teksturnya berlapis-lapis. Untuk yg belum mengetahui apakah yang dimaksud gulab jamun, makanan ciri khas India ini yakni panganan simple yg bersifat bundar seperti bola dengan ukuran kecil-kecil. Gulab jamun terbuat dari bisquick, susu bubuk, susu cair, serta mentega leleh. Adonan yg udah dibuat bulat-bulat serta digoreng masak lantas dapat di rendam dalam sirup air mawar saat beberapa waktu sampai sepanjang hari. Sehabis sirupnya menyerap, gulab jamun baru dapat dikonsumsi.

25 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page